5 Cara Foto Milky Way

Pernahkah anda melakukan travel ke berbagai tempat yang sangat jauh dari kotamu dan kemudian anda melihat langit dimalam hari yang penuh bintang-bintang serta memiliki kabut yang tipis? Itulah yang disebut milky away atau dalam bahasa kita, yaitu bima sakti. Pada ilmu astronomi planet kita atau bumi berada di suatu Galaksi Bima Sakti berkisar 2/3 dari sisi panjang jari-jari Galaksi Bima Sakti.

Mungkin anda sering melihat beberapa gambar dengan background bintang yang terang dimalam hari. Itu merupakan foto asli setelah didapati menggunakan kamera dengan pengelolah digital pada kamera, sehingga bintang yang ada didalam gambar itu menjadi lebih terang.

Dengan menggunakan teknologi kamera yang canggih pada kondisi rendah cahaya, ini dapat memungkinkan agar bisa menangkap bintang-bintang dengan enak dipandang.

Apakah anda ingin mencobanya? Yang pastinya, ketika anda memotret dengan cara Milky Way ini akan membuat gambar atau foto anda lebih kelihatan menarik.

Terus bagaimana cara mendapatkan foto Milky Way yang keren dan apa yang harus kita lakukan? Anda adalah orang yang tepat ketika membaca artikel ini. Dikarenakan kami akan membahas cara foto Milky Way yang keren dengan langkah-langkah berikut.

1. Manfaatkan Langit Pada Malam Yang Cerah

sumber dari: photographyktalk.com

Manfaatkan langit yang cerah pada malam hari memang harus diperhatikan, sehingga anda bisa mendapatkan foto milky way terbaik. Pilihan yang tepat ketika anda melakukan pemotretan di sekitaran jam 7 sampai jam 10, dengan begitu anda bisa mendapatkan cahaya malam hari yang penuh dengan bintang-bintang serta menarik untuk diambil gambar.

Baca juga: Sewa GoPro Jakarta

2. Perhatikan Posisi Milky Away Anda

sumber dari:expertphotography.com

Melakukan foto dengan cara milky way bisa dilakukan dimana saja, tapi yang harus anda ketahui adalah bumi kita berputar. Jadi kemungkinan besar kita tidak bisa mendapatkan foto milky way dari tempat yang sudah ditentukan oleh kita.

Apalagi pada saat bulan sedang nimbrung, sehingga ketika kita ingin berfoto dengan cara milky way sangat sulit untuk didapatkan. Pada umumnya melakukan pemotretan yang paling tepat dibulan April hingga September dari arah selatan.

3. Pilih Kamera Yang Berkualitas

sumber dari: shopee.co.id

Untuk mendapatkan foto milky way yang berkualitas, diperlukan juga kamera yang berkualitas dan mampu memberikan potretan dengan ISO yang tinggi. Sehingga anda bisa mendapatkan hasil foto milky way dengan kualitas yang bagus dan menarik pada gambar. Kami sarankan anda menggunakan ISO yang sekitaran 2000 atau lebih dari 2000.

4. Set Fokus Ke Infinity dan Perkirakan Komposisi

sumber dari: wiranurmansyah.com

Untuk poin ini hal yang pertama anda harus menaruh kamera di tripod, kemudian anda fokuskan lensa pada posisi yang tidak terhingga. Misalnya pada lensa anda memiliki distance scale, silahkan anda mengubahnya ke bagian infinity yang bergambar 8 kesamping (ingat ya 8 kesamping bukan 8 keatas). Apalagi anda memiliki buble level pada tripodnya, sehingga bisa memastikan posisi horizon pada kamera tetap lurus.

Baca juga: 4 Tips Mengambil Foto Underwater

5. Setting Kamera Ke Diafragma dan ISO Yang Paling Tinggi Dalam 30 Detik

sumber dari: pricebook.co.id

Coba anda menggunakan lensa dengan 28f/2.8 dan tes kamera di ISO 3200, f/2.8 dalam 30 detik. Mungkin anda bertanya kenapa harus 30 detik? Karena dalam 30 detik ini akan menjadikan bintang tetap seperti titik dan bukan seperti sebuah garis. Sehingga pemotretan anda dengan cara milky way akan terlihat lebih menarik pada bintang yang bertitik.

Nah gimana dengan pembahasan kita kali ini? Semoga apa yang anda baca dari pembahasan kita kali ini mengenai cara foto milky way bisa bermanfaat bagi anda.

sumber gambar: suara.com