5 Tips Membeli Lensa

Apakah kamu baru belajar menekuni dalam dunia fotografi? Tentu saja kamu harus mengetahui hal yang paling penting pada kamera, yakni lensa. Tahukah kalau memilih lensa itu seperti kita sedang memilih pasangan hidup kita, karena kita harus memilih lensa dengan berhati-hati. Ketika kita salah memilih lensa pada kamera dengan tidak berhati-hati ini akan membuat hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Maka dari itu, sebagai seseorang yang ingin menjadi fotografer bukan hanya memilih kamera dengan baik, bahkan juga harus memilih lensa yang sesuai. Sehingga ini akan membuat video serta gambar menjadi lebih menarik dan enak dilihat oleh kita atau mungkin orang lain. Nah agar tidak salah untuk memilih lensa yang baik dan benar, ikuti saja langkah-langkah yang ada dibawah ini untuk membeli lensa yang berkualitas.

1. Sesuaikan Tipe Lensa Pada Kamera

Tipe Lensa Pada Kamera
sumber dari: coachingtowardshappiness.net

Hal yang pertama ketika mau membeli lensa adalah memilih lensa yang sesuai dengan kamera. Ketika memilih lensa yang tidak sesuai dengan kameramu, ini akan membuat hasil foto dan video yang tidak maksimal. Bahkan ini bisa jadi lensa yang sudah beli tidak bisa digunakan pada kamera.

Maka dari itu kami sarankan kamu harus mencocokan lensa dengan kamera kamu terlebih dahulu. Pada umumnya kamera DSLR memiliki dua sensor yang berbeda, seperti sensor yang full frame dan juga sensor APSC. Yang paling penting adalah harus dipahami dengan jelas dan benar pada saat memilih lensa untuk dipakai pada kamera.

2. Perhatikan Aperture Lensa

Aperture Lensa
sumber dari: saveseva.com

Sebaiknya memilih lensa yang lebar pada aperture, semakin lebar aperture berarti juga semakin banyak cahaya yang akan masuk pada sensor kamera. Sehingga gambar dan video akan menjadi lebih berkualitas, bahkan pada saat dilingkungan yang kurang pencahayaan.Contoh pada perpaduan, seperti memillih lensa kamera dengan aperture f/1.8 ini berarti semakin besar bukaan lensanya dari f/2.8. Maksudnya, lensa dengan angka yang besar akan membuat bukaan lensa menjadi kecil, begitu juga sebaliknya.

3. Perhatikan Spesifikasi Lensa

Spesifikasi Lensa
sumber dari: tokopedia.com

Spesifikasi pada lensa juga harus mempelajari terlebih dahulu, sehingga tidak salah membeli lensa yang bagus. Pada saat  ingin membeli lensa kamu harus memperhatikan spesifikasinya, misalnya jarak fokus dan juga kualitas optik pada lensa, bahkan aperture juga harus perhatikan seperti yang sudah kami bahas tadi diatas. Masing-masing pada lensa memiliki keunggulan serta kekurangan pada lensa tersebut, yang pastinya harus menyesuaikan dengan keperluan.

4. Menguji Lensa Yang Akan Dibeli Secara Langsung

Menguji Lensa
sumber dari: adrasablog.com

Pada saat ingin pergi ke tokoh untuk membeli lensa, pastikan terlebih dahulu membawah body kameramu. Hal ini untuk mengetes kualitas dari lensa yang ingin dibeli, apakah lensa yang dibeli cocok dan tidak gagal fokus dikameramu. Selain itu, kamu juga harus perhatikan dibagian zoom atau ring fokusnya, apakah terasa longgar atau kaku. Bahkan kamu juga harus memilih optik yang bersih dan tak terdapat jamur (ini kemungkinan akan ada jamur ketika sudah terlalu lama pada saat disimpan).

5. Memastikan Kalau Garansi Lensa Resmi

Garansi
sumber dari:jualbeli-laptopbekas.com

Pada saat membeli lensa, pastikan garansi dari lensa tersebut sudah resmi, lebih baik ketika lensa mendapatkan garansi secara langsung dari pabrik lensa tersebut. Ini juga kemungkinan garansi yang dimiliki oleh produsen lebih terpercaya daripada garansi yang akan diberikan dari tokoh.

Baca juga: Sewa GoPro Hero 8

Itulah beberapa tips untuk membeli lensa yang bagus atau berkualitas serta baik dan benar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kamu yang ingin membeli lensa pada kamera.